Minggu, 02 April 2017

YESUS KRISTUS adalah "Tuhan Yang Maha Esa"

" Saat Matahari Terbit Dari Ufuk Timur,
Memancarkan Cahaya Kehidupan dan Perubahan Bagi Alam Semesta "



  YESUS KRISTUS adalah Tuhan

" Hukum yang terutama ialah : 
Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa "

Oleh :
Putra Dari Ufuk Timur


Banyak orang non Kristen mengatakan bahwa YESUS KRISTUS bukan "Tuhan", sebab "Tuhan" tidak dilahirkan atau diciptakan. Itulah pendapat dan hak mereka. Namun pada kenyataannya, Kristen tetap setia untuk menyembah Yesus Kristus sebagai Tuhan.

Dasar Kristen Menyembah Yesus Kristus sebagai Tuhan
Alasan mendasar Kristen menyembah Yesus Kristus sebenarnya sangat sederhana (simple), yaitu :

1. Yesus Kristus mengakui bahwa diri-Nya adalah "Tuhan"
Pernyataan yang diberikan oleh Yesus Kristus bahwa diri-Nya adalah Tuhan, terdapat dalam kitab Yohanes 13 : 13 - 14, yaitu :

Ayat 13 : "Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan".

Ayat 14 : "Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu"

Jika dicermati dengan seksama isi kitab Yohanes 13 : 13 - 14, maka Yesus Kristus memberikan 3 (tiga) kali pernyataan yang menunjuk bahwa diri-Nya adalah Tuhan, sebagai berikut :

Pertama : 
"Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan" ----- Yesus Kristus mengulang pernyataan dari murid-murid-Nya dan membenarkan pernyataan mereka bahwa Dia adalah Tuhan.

Kedua : 
"sebab memang Akulah Guru dan Tuhan" ----- Yesus Kristus menegaskan kembali bahwa Dia adalah Tuhan, dan inilah kebenaran (pernyataan yang benar).

Ketiga : 
"Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu" ----- Yesus Kristus memberikan penegasan ketiga dengan membalikan frase kata "Guru dan Tuhan" menjadi : "Tuhan dan Guru", sebagai bentuk pernyataan yang mutlak sebagai suatu kebenaran, bahwa Dia adalah Tuhan.

Dalam bahasa Yunani, kata "Tuhan" yang disebut Yesus Kristus untuk menunjuk diri-Nya adalah "Kuriov" yang berarti "Tuhan, Tuan atau Pemilik". Dengan demikian, maka Yesus Kristus adalah Tuhan, Tuan dan Pemilik.

2. Yesus Kristus adalah Manusia Yang Tidak Berdosa di dalam Dunia
Jika Yesus Kristus sendiri yang mengatakan bahwa Dia adalah Tuhan, apakah orang-orang akan menyangsikan hal tersebut..?, tentu tidak, sebab Yesus Kristus adalah satu-satunya manusia yang tidak berdosa, walaupun Dia berada didalam dunia yang penuh dosa.

Jika Yesus Kristus adalah manusia yang tidak berdosa, maka secara mutlak apa yang disampaikanNya adalah kebenaran hakiki yang harus diakui, dijunjung tinggi dan di imani. Siapakah diantara manusia yang memiliki darah dan daging yang seperti Yesus Kristus tidak berdosa..???. Jawabannya adalah tidak ada seorangpun seperti Dia, hanya Dia yang maha suci dan maha kudus, karena Dia tidak berdosa. Lihat pernyataan yang menunjukkan bahwa Yesus Kristus tidak berdosa :

1 Petrus 2 : 22 : "Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya".

Siapakah yang tidak berdosa ???--hanya Tuhan Allah yang tidak berdosa, itu sebabnya Kristen menyembah Yesus Kristus sebagai Tuhan Allah. Kristen tetap setia untuk meyakini dan menyembah Tuhan yang logis dan nyata, bukan menyembah "tuhan lain" yang "fiktif" atau tidak logis yang digambarkan oleh para nabi yang penuh dosa. 

Di dunia ini, para nabi selain Yesus Kristus adalah manusia biasa yang penuh dosa, pernah berdosa dan selalu berdosa--tidak ada seorang pun yang seperti Yesus Kristus. Itu sebabnya, orang-orang wajib untuk mempercayai setiap perkataan dan perintah Yesus Kristus untuk menyembah hanya kepada Tuhan Allah, yaitu diri-Nya sendiri.

3. Yesus Kristus menunjukkan bahwa hanya Dia yang harus disembah
Perhatikan perkataan Yesus Kristus berikut ini :

Lukas 12 : 5 :
Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia !

Lukas 12 : 8-9 :
Aku berkata kepadamu : Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah.

Nah, dalam ayat-ayat tersebut Yesus Kristus menunjukkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang waib diakui oleh seluruh umat manusia. 

Perhatikan pernyataan Yesus Kristus tersebut ...!!!
Dimanakah tempat terjadi pengakuan kepada malaikat-malaikat Allah ketika seseorang mengakui Yesus Kristus adalah Tuhan ?, Apakah orang itu mengakui atau menyangkal Dia, bukankah Yesus Kristus sedang menggambarkan situasi pengakuan didepan malaikat-malaikat Allah didalam Sorga...!!!

Lihatlah pernyataan tersebut baik-baik..!!!, siapa sajakah penghuni Sorga yang Yesus Kristus maksudkan tersebut..???. Selain malaikat-malaikat Allah dalam Sorga..siapakah juga yang berada di Sorga..???. 

Bukankah Tuhan Allah yang berada didalam Sorga itu...dengan para pelayanNya yang disebut malaikat-malaikat Allah..?, ini berarti Yesus Kristus adalah Tuhan Allah yang berada di Sorga ketika Dia memberikan pengakuan kepada para malaikat-Nya tentang orang-orang yang mengakui maupun menyangkali-Nya.

Siapakah selain para malaikat..? Bukankah Tuhan Allah sendiri..???, yaitu Yesus Kristus yang disembah oleh Kristen...!!!

Seluruh Isi Alkitab Menggambarkan dan Mengajarkan Agar Seluruh Makhluk Untuk Menyembah Yesus Kristus sebagai Tuhan Allah

Beberapa hal berikut adalah pernyataan TUHAN ALLAH yang disembah oleh Kristen tentang diri-Nya sebagai Allah Yang Maha Esa :
  1. Firman Allah kepada Musa : "AKU ADALAH AKU". Lagi firman-Nya : "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu : AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu." Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa : "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel : TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu : itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun. Pergilah, kumpulkanlah para tua-tua Israel dan katakanlah kepada mereka : TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Ishak dan Yakub, telah menampakkan diri kepadaku, serta berfirman : Aku sudah mengindahkan kamu, juga apa yang dilakukan kepadamu di Mesir (Keluaran 3 : 14-16) ;
  2. Tetapi Firaun berkata : "Siapakah TUHAN itu yang harus kudengarkan firman-Nya untuk membiarkan orang Israel pergi? Tidak kenal aku TUHAN itu dan tidak juga aku akan membiarkan orang Israel pergi" (Keluaran 5 : 2) ;
  3. Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa : "Akulah TUHAN. Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri. Bukan saja Aku telah mengadakan perjanjian-Ku dengan mereka untuk memberikan kepada mereka tanah Kanaan, tempat mereka tinggal sebagai orang asing, tetapi Aku sudah mendengar juga erang orang Israel yang telah diperbudak oleh orang Mesir, dan Aku ingat kepada perjanjian-Ku" (Keluaran 6 : 2-5) ;
  4. Sebab itu katakanlah kepada orang Israel : Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat. Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir. Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu ; Akulah TUHAN " (Keluaran 6 : 2-8) ;
  5. "Inilah perintah, yakni ketetapan dan peraturan, yang aku ajarkan kepadamu atas perintah TUHAN, Allahmu, untuk dilakukan di negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, supaya seumur hidupmu engkau dan anak cucumu takut akan TUHAN, Allahmu, dan berpegang pada segala ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu, dan supaya lanjut umurmu. Maka dengarlah, hai orang Israel! Lakukanlah itu dengan setia, supaya baik keadaanmu, dan supaya kamu menjadi sangat banyak, seperti yang dijanjikan TUHAN, Allah nenek moyangmu, kepadamu di suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Dengarlah, hai orang Israel : TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa ! Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu. Maka apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau masuk ke negeri yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepadamu--kota-kota yang besar dan baik, yang tidak kaudirikan; rumah-rumah, penuh berisi berbagai-bagai barang baik, yang tidak kauisi; sumur-sumur yang tidak kaugali; kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun, yang tidak kautanami--dan apabila engkau sudah makan dan menjadi kenyang, maka berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan. Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah. Janganlah kamu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa sekelilingmusebab TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu di tengah-tengahmu, supaya jangan bangkit murka TUHAN, Allahmu, terhadap engkau, sehingga Ia memunahkan engkau dari muka bumi. Janganlah kamu mencobai TUHAN, Allahmu, seperti kamu mencobai Dia di Masa. Haruslah kamu berpegang pada perintah, peringatan dan ketetapan TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; haruslah engkau melakukan apa yang benar dan baik di mata TUHAN, supaya baik keadaanmu dan engkau memasuki dan menduduki negeri yang baik, yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, dengan mengusir semua musuhmu dari hadapanmu, seperti yang difirmankan TUHAN (Ulangan 6 : 1-19)

Yesus Kristus berfirman dalam kitab Markus 12 : 29 (Alkitab Kristen), sebagai berikut : 

"Hukum yang terutama ialah : 
Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa"

Yesus Kristus telah menguatkan firman-Nya yang tertulis dalam kitab Ulangan 6 : 4 : "Dengarlah, hai orang Israel : TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa !"

Demikian juga tertulis dalam ayat-ayat Alkitab Kristen berikut ini :
  1. Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya. (Maleakhi 2 : 15) ;
  2. Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus : "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia (Markus 12 : 32) ;
  3. Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa ? (Yohanes 5:44) ;
  4. Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu : "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa." (1 Korintus 8 : 5) ;
  5. Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, (1 Timotius 2 : 5) ;
  6. Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin (Yudas 1 : 25) ;
  7. Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa ! Amin (1 Timotius 1 : 17).

Kesimpulan :
Kristen haruslah bersukacita, sebab Yesus Kristus adalah TUHAN ALLAH. Jangan pernah takut kepada siapapun didalam dunia ini, sebab jika orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan (Lukas 12 : 11).

" Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia! " demikian firman TUHAN ALLAH.
------------------------------


"Betapa Bodohnya Orang-Orang Yang Menolak 
Untuk Menyembah Yesus Kristus sebagai TUHAN dan Allah Yang Maha Kuasa
-- sebab itu adalah perintah TUHAN ALLAH "

Sebab siapakah Allah selain dari TUHAN, dan siapakah gunung batu selain dari Allah kita?

Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup. Kamu benar-benar sesat!"

Ia bukan Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup, sebab di hadapan Dia semua orang hidup."

" Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Yesus Kristus-lah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia " 

Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.

Janganlah kamu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa sekelilingmu, sebab TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu di tengah-tengahmu, supaya jangan bangkit murka TUHAN, Allahmu, terhadap engkau, 
sehingga Ia memunahkan engkau dari muka bumi 
(Ulangan 6 : 13-15)


------------------------------
Sumber Utama Kajian :

Alkitab KRISTEN, Terjemahan Baru (TB) Terbitan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) Tahun 1974.

Putra Dari Ufuk Timur.-